POTENSI DESA

Pertanian dan Perkebunan

80 % Masyarakat Desa Sumber Rejo adalah bekerja sebagai Petani, Baik itu Petani Pemilik atau Petani Penggarap. Petani tersebut terbagi menjadi Petani Tanaman Pangan dan Petani Tanaman Perkebunan, Hal tersebut didukung dengan Luasan Lahan Pertanian dan Perkebunan, tetapi permasalah yang dihadapi petani adalah Kurangnya Sarana Transportasi (Jalan) yang kurang mendukung, sehingga untuk mobilisasasi Hasil pertanian agak terhambat, begitu juga dengan harga-harga hasil pertanian dan Perkebunan yang saat ini mencapai titik terendah padahal Kebutuhan hidup masyarakat desa Sumber Rejo adalah tergantung dari Hasil pengolahan lahan Pertanian dan Perkebunan.

Potensi Home Industry

Selain Pertanian banyak juga yang mulai mengembangkan usaha melalui Usaha Produk Rumahan ( Home Industry ) antara lain, Pembuatan Roti, Keripik, dan Kerupuk. Permasalahan yang dihadapi pelaku usaha Home industry adalah keterbatasan peralatan yang belum memadai sehingga sangat diharapkan adanya pihak-pihak yang dapat membantu untuk mensubsidi peralatan yang lebih modern guna menghadapi persaingan usaha.

Potensi  Sumber Daya Manusia (SDM)

Potensi Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Desa Sumber Rejo cukup kompetitif artinya cukup dapat bersaing dengan Desa-desa lain disekitar Kecamatan waway karya, akan tetapi masih sangat diperlukan pelatihan/pembinaan yang lebih untuk dapat menciptakan peluang peluang usaha.

Potensi  Sumber Daya Alam (SDA)

Potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang terdapat didesa Sumber Rejo sangat banyak tersedia antara lain Ketersediaan Lahan Pertanian yang luas, Ketersediaan Lahan Perkebunan yang luas, Ketersediaan Bahan Baku pembuatan Produk Rumahan.

Facebook Comments