PEMBINAAN KADER KESLING

PEMBINAAN  KADER KESLING/KOMUNITAS PEDULI STBM  DIDESA SUMBER REJO KECAMATAN WAWAY KARYA KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Aspek kesehatan Desa SUMBER REJO memiliki beberapa masalah utama yang banyak terjadi pada masyarakatnya. Masalah tersebut antaralain rendahnya kesadaran masyarakat menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungannya. Untuk itu kader kesling sangatlah berperan penting dalam menyadari masyarkat bahwa penting nya menjalani hidup bersih dan sehat,sebelum lebih jauh pasti masyarakat bertanya-tanya apa sih kader kesling ,kader kesling ialah anggota masyarakat yang dengan suka rela,bersedia mampu dan memiliki waktu untuk pengembangan kesehatan masyarakat.

Permasalahan PHBS di masyarakat Desa sumber rejo menyangkut banyak hal seperti masalah jamban sehat, sumber air bersih, jentik nyamuk, kesadaran posyandu dan kebiasaan mencuci tangan yang masih rendah. Masih banyak masyarakat yang belum mempunyai jamban yang memenuhi kriteria jamban sehat. Kebanyakan jamban yang digunakan adalah jamban yang terletak di luar dan biasanya masih berupa jambang cemplung yang lagsung tanpa adanya penampung.

Materi yang didiskusikan lebih ke PHBS Rumah Tangga, meliputi kesehatan yaitu persalinan oleh tenaga kesehatan terlatih ,member asi eksklusif,menimbang balita setiap bulan,mengunakan air bersih,cuci tangan dengan air bersih dan sabun,mengunakan jamban sehat ,memberantas jentik sekali seminggu,makan buah dan sayur setiap hari, melakukan fisik atau olah raga setiap hari,tidak meroko dalam rumah. Dalam hal ini ditekankan agar apa yang disampaikan dapat di sampaikan kembali oleh kader-kader kesling kepada masyarkat akan penting nya prilaku hidup bersih dan sehat.dalam pembinaan ini harapan agar masyarakat menyadari akan penting nya dan sadar akan manfaat hidup bersih dan sehat. pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 27 mei 2017 di balai desa sumber rejo kecamatan waway karya.

Facebook Comments