KEGIATAN HUT KEMERDEKAAN RI-71 DI KELURAHAN SUMBER REJO

Sebagai tradisi bagi bangsa Indonesia, Setiap Perayaan HUT Kemerdekaan Selalu dirayakan dengan menggelar berbagai kegiatan baik itu lomba, maupun hiburan. Demikian halnya dengan warga Kelurahan sumber rejo. Dalam memeriahkan  peringatan HUT kemerdekaan RI Ke-71 warga kelurahan sumber rejo  menggelar berbagai acara lomba dan hiburan baik lomba yang bersifat tradisional maupun modern.

Ragam kegiatan itu digelar dan diperuntukkan bagi semua warga mulai dari kalangan anak-anak, remaja dewasa maupun manula, diantaranya sebagai contoh kegiatan yang di gelar di salah satu  di Kelurahan sumber rejo diantaranya:

  1. Lomba Tumpeng

IMG_4154

Lomba yang satu ini merupakan lomba yang ditunggu sama Ibu-Ibu.tujuan dari lomba ini untuk meyatukan dan menjalin tali persaodaraan antar dusun sumber rejo,perlombaan ini dinilai dari cara penyajian dan kreatipitas kelompak ibu-ibu setiap dusun,penilai ini dinilai jg dari segi rasa dan 4 sehat 5 sempurna.selain itu nasi tumpeng juga memiliki makna dan arti, Makna yang tersirat dari nasi putih ini adalah melambangkan sifat kesucian. Biasanya dipakai dalam acara yang sakral seperti upacara keagamaan, akad nikah, dan sebagainya.

Selanjutnya, yang kedua, adalah tumpeng nasi uduk atau nasi gurih. Jika tumpeng diterapkan penggunaan nasi uduk, maka biasanya penggunaannya lebih ditujukan untuk acara selamatan. Contohnya adalah syukuran, acara maulid Nabi, dan sebagainya.

Kemudian yang ketiga adalah tumpeng nasi kuning. Beda lagi jika tumpeng yang disajikan memakai nasi kuning. Nasi kuning memberikan perlambangan kesejahteraan, kekayaan, dan melimpahnya rezeki. Selain itu, tumpeng nasi kuning biasa disajikan untuk acara yang memiliki kesan bersuka cita

  1. Lomba Panjat Pinang

IMG_4553

Biasanya panjat pinang menjadi permainan yang sangat dinantikan. Pasalnya, permainan ini memberikan hadiah yang cukup menggiurkan, seperti sepeda,pakaian, perlaatan rumah tangga, dan lainnya. Hadiah itu sebanding dengan kesulitan permainan ini. Para pemain harus memanjat batang pinang yang dilumuri oli untuk meraih hadiah yang ditaruh di puncak batang pinang. Untuk mencapai puncak, dibutuhkan kerjasama yang kompak dari para pemainnya. selain itu makna panjat pinang sendiri mempunyai arti lomba panjat pinang mencerminkan arti gotong royong antara masyarakat Indonesia, membangun bersama-sama, serta tetap bisa mencapai cita-cita yang diimpikan.selain itu juga memiliki makna dan arti sebagai berikut:

ARTI & MAKNA :

Semangat kebersamaan dan gotong royong untuk mencapai suatu tujuan. Kita bisa lihat dari semangat para peserta yang menaiki pohon pinang tersebut yang sangat licin meskipun sudah jatuh berpuluh-puluh kali tapi mereka bersama-sama berfikir bagaimana bisa mendapatkan hadiah yang ada diatas. Disini jelas hal ini mengajarkan kepada bangsa Indonesia untuk jangan pernah mau menyerah meskipun Negara kita diambang krisis harusnya kita semua bersatu dan berfikir bagaimana cara untuk menaikkan martabat bangsa Indonesia..

  1. Tarik Tambang

tarik tambang

Sama seperti panjat pinang, tarik tambang juga membutuhkan kekompakan para pemainnya. Tiap tim beradu kekuatan dengan menarik seutas tali tambang hingga akhirnya salah satu tertarik ke daerah lawannya akan kalah. Permainan ini juga mengajarkan kekompakan dan cara menyusun startegi.selain itu makna dari  Lomba tersebut pun sebenarnya memiliki makna mendalam.

Makna lain tarik tambang adalah bagaimana upaya menggapai suatu tujuan harus melalui tarik ulur secara keras. Terkadang tambang bergeser ke kiri-kanan untuk menuju satu tujuan kemenangan. Tim yang kompak dan strategi yang tepat akan mampu menarik tambang dengan kuat.

Dari filosofi di atas sudah selayaknya semua komponen bangsa dan masyarakat harus menjadi bagian dari persatuan dan kesatuan Bangsa untuk mewujudkan tujuan bersama dari seluruh rakyat indonesia, yaitu Indonesia merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

ARTI & MAKNA :

Persatuan dapat membantu mengalahkan lawan. Makna lain tarik tambang adalah bagaimana upaya menggapai suatu tujuan harus melalui tarik ulur secara keras. Terkadang tambang bergeser ke kiri-kanan untuk menuju satu tujuan kemenangan. Tim yang kompak dan strategi yang tepat akan mampu menarik tambang dengan mantap. Hal itu ditunjukkan dalam persatuan bangsa untuk menarik “tambang” kemerdekaan secara bersama-sama dari tarikan tambang penjajah.

  1. Balap Karung

images

Mungkin saat masih kecil, Kalian pernah mengikuti lomba balap karung. Permainan ini mengharuskan para pemainnya masuk ke dalam karung dan kemudian melompat-lompat saling mendahului pemain lainnya. Gerakan yang terbatas karena kedua kaki berada di dalam karung kadang membuat para pemain jatuh hingga terguling-guling. Di situlah letak serunya permainan ini orang yang terlebih dahulu sampai ke garis finish akan menjadi pemenangnya.Nah, tarik tambang juga menyimpan filosofi tersendiri. Lomba ini bukan hanya adu kekuatan. Tanpa tim yang kompak, kemenangan sulit diraih. Tarik tambang mengajarkan tentang gotong royong, kebersamaan, dan solidaritas.

ARTI & MAKNA :

Saat penjajahan, sebagian besar rakyat mengalami penderitaan sangat berat. Bahan pakaian diambil kaum penjajah, yang tertinggal adalah plastik, karet, dan karung. Mau tidak mau, rakyat hanya mengenakan pakaian berasal dari karung goni. Kain yang berserat kasar tersebut menimbulkan gatal-gatal di kulit sehingga saat tibanya kemerdekaan disambut rakyat dapat berpakaian layak kembali. Sebagai bentuk pelampiasan kekesalan terhadap penggunaan kain berbahan karung, maka rakyat menginjak-injak karung. Namun makna lain dari balap karung adalah, betapa sulitnya berlari ketika kedua kaki terkungkung. Sejauh apapun “melompat” tetap akan mengalami kesulitan akibat dihalang-halangi. Terkadang bisa saja terjerambab. Hal itu pula yang menyulitkan kemajuan bangsa Indonesia dalam kungkungan penjajah..

  1. Lomba Kebersihan

IMG_4275

Sama seperti lomba sebelumnya, lomba kebersihan juga membutuhkan kekompakan para dusunnya. Tiap dusun beradu kebersihaan dengan memberiskan sitap kampong nya dan mempercatik dusunnya hingga akhirnya setiap dusun beradu kebersihan dengan dusun lainya. Setiap dusun beradu kekompakan untuk membersihkan lingkungan kampong nya,setiap dusun juga mengajarkan kekompakan dan startegi kepada warganya.

  1. Lomba karnaval

IMG_4542

Lomba yang satu ini merupakan favorit setiap desa. , lomba karnaval  juga membutuhkan kekompakan setiap desanya . Tiap desa beradu keterampilan hingga akhirnya setiap desa beradu keterampilan dengan desa  lainya. Sehinga nanti nya akan ditentukan siapa desa yang paling trampil,tujuan dari kegiatan ini untuk menyatukan dan mempererat tali persodaraan antar desa lainya.

  1. makan kerupuk

kerupuk

Lomba yang satu ini merupakan favorit anak-anak. Caranya para pemain harus menghabiskan kerupuk yang diikat pada seutas tali dan mereka harus memakannya tanpa menggunakan tangan atau langsung menggunakan mulut. Untuk membuat para pemain sulit memakan kerupuk, tak jarang tali digoyang-goyangkan. Pemain yang berhasil memakan kerupuk hingga habis akan menjadi pemenangnya.

ARTI & MAKNA:

Permainan tersebut mengajarkan, betapa masyarakat saat penjajahan didera kesulitan sandang, pangan dan papan. Untuk makan yang paling sederhana sekalipun dibayangi kesulitan, akibat hasil panen pangan utama diambil kaum penjajah. Rakyat kesulitan pangan mengalami penderitaan kekurangan gizi dan badan menjadi kurus kering, sedangkan akibat terparah adalah perut membuncit meski kelaparan (busung lapar). Oleh karena itu, kesulitan mendapatkan pangan diperparah dengan kondisi fisik yang lemah untuk mendapatkan makanan. Disini kita berusaha untuk tidak pernah lupa pada sejarah masa-masa kelam dan berusaha untuk lebih baik dalam membangun negeri ini, mengisi kemerdekaan.

  1. Lomba Membawa Kelereng Dalam Sendok

index

Permainan ini dilakukan menggunakan kelereng ditaruh di atas sendok. Para pemain akan membawa sendok tersebut dengan menggigitnya di mulut dan membawanya hingga ke garis finish dengan syarat kelereng tidak boleh jatuh dari sendok. Keseruan permainan ini terletak saat kelereng yang sering jatuh sehingga para pemain harus berlarian mengejarnya. Siapa yang berhasil membawa kelereng dengan sendok tanpa menjatuhkannya akan menjadi pemenangnya.

Resepsi HUT yang digelar menampilkan kreasi dan kreativitas masyarakat Kelurahan Sumber rejo(tari drama dan musik).. kegiatan tersebut tidak semata mata bertujuan untuk merayakan dan melampiaskan kegembiraan, namun secara khusus bertujuan menumbuhkan jiwa dan semangat patriotisme serta mengingat nilai-nilai perjuangan dan pengorbanan pahlawan pejuang bangsa dalam meraih kemerdekaan.