Kegiatan Posyandu Di Desa Sumber Rejo

Sumber Rejo, Senin (18-02-2019), Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) yang dikelola dari,oleh,untuk dan bersama masyarakat guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyrakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar bagi ibu bayi dan anak balita. Kegiatan rutin ini dilaksanakan oleh bidan Desa dan dibantu oleh  kader posyandu  setiap bulanya dimasing –masing Dusun sedangkan di desa Sumber Rejo terbagi menjadi 6 dusun yaitu dusun sumber rejo I,dusun sumber rejo II,dusun mekar sari,dusun jadimulyo,dusun bangun rejo dan dusun bangun jaya.

Salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Bidan Desa dan di bantu oleh  kader posyandu desa Sumber Rejo  adalah penimbangan balita, pengukuran tinggi badan balita ,dan imunisasi. didusun jadi mulyo  posyandu dilaksanakan setiap tanggal 15 setiap bulannya .  sedangkan didusun sumber rejo I dan dusun bangun jaya kegiatan posyandu dilakukan setiap tanggal 9 setiap bulannya  Selain penimbangan balita ,pengukuran tinggi badan balita dan imunisasi juga di berikan vitamin  untuk  balita . Dari kegiatan ini diharapkan berat badan balita  dan pertumbuhan balita dapat terpantau setiap bulan untuk mencegah atau mendeteksi secara dini kasus gizi buruk pada anak balita.

gambar1.1. kegiatan pendataan balita

gambar 1.2  kegiatan penimbangan pada anak

gambar 1.3 kegiatan pengukuran tinggi badan balita

gambar 1.4 kegiatan pemberian vitamin

Menurut salah warga dusun bangun jaya   ibu zumroh  menyampaikan” dengan mengikuti kegiatan posyandu dia menjadi tahu bagamana perkembangan anaknya setiap bulannya entah dari berat badan dan tinggi badan anaknya.manfaat posyandu sendiri ialah Memperoleh kemudahan untuk mendapatkan informasi dan pelayanan bagi ibu bayi dan anak balita,Pertumbuhan anak  balita terpantau sehingga tidak menderita kekurangan gizi atau gizi buruk.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan