Program Pemberian Obat Cacing Untuk Anak Sekolah Dan Balita Di SD N 1 Sumber Rejo

Sumber Rejo-rabu(16-04-2018) ,Cacing merupakan parasit atau organisme yang hidup pada organisme lain. Cacing yang ada dalam tubuh manusia akan merampas zat makanan dari tubuh yang dijadikan tempat tinggalnya. Jika hal ini terjadi pada anak-anak, akan mengganggu pertumbuhan dan menurunkan daya tahan tubuh, anak menjadi lemas, lesu, pucat.

gambar 1.1. pemberian obat cacing kepada anak SD N 1 Sumber Rejo

Salah satu upaya pencegahan adalah melalui program pemberian obat cacing untuk anak sekolah dan balita,dalam hal ini dilakukan lah pemberian obat cacing oleh puskemas sumber rejo kepada anak  SD N 1 sumber rejo  yang dilaksanakan pada hari ini,rabu(16-04-2018).

Oleh karenanya, anak-anak dari usia dini perlu diajarkan untuk menjaga kebersihan diri, lingkungan sekitar dengan cara hidup bersih dan sehat. Biasakan menggunakan alas kaki ketika bermain di luar rumah, mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan atau buang air, memotong kuku serta tidak buang air besar sembarangan.

“Idealnya pemberian obat cacing dilakukan satu tahun 2 kali, atau enam bulan sekali,” jelasnyaAntisipasi kecacingan juga dilakukan dengan program cuci tangan dengan benar. Hal ini karena pola bermain masih sembarangan. “Anak-anak masih biasa bermain tanah, tidak cuci tangan sebelum makan. Dengan seperti ini siswa dapat pembelajaran juga mengenai pola hidup bersih.

Tujuan pemberian obat cacing kepada siswa adalah untuk Mencegah anak-anak sekolah penyakit kecacingan yang dapat mengakibatkan menurunkan stamina/kondisi siswa, sehingga berpengaruh di dalam penerimaan pelajaran di sekolah.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan