Manfaat Website Desa Bagi Masyarakat

Kemajuan zaman dan menjadi bagian dari era digital sudah mutlak kita jalankan dan memposisikan diri ada dan berpartisipasi didalamnya,. Seperti halnya instasi,perusahaan,lembaga ataupun organisasi ,desa menjadi salah satu bagian yang bisa memberikan informasi dan data kepada masyarakatnya melalui website desanya. Keberadaan website bagi desa saat ini sudah sangat diperlukan ,seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi dan jumlah penguna inetrnet di indonesia.kehadiran website desa sebagai sebagai media informasi dan komunikasi desa dirasa memberikan pengaruh luas di masyarakat.

Tujuan Website Desa

  • mempublikasikan keberadaan desa kedunia luar,sehingga mudah untuk ketahui banyak orang
  • menginformasikan mengenai desa sebagai bentuk keterbukaan informasi publik
  • mempermudah masyarakat luas memperoleh informasi dengan cepat dalam rangka melakukan pembangunan desa
  • menjadi wadah pendokumentasian program kegiatan dengan cara mengunggah foto,vidio kegiatan yang terselangara didesa,menjadi media untuk mempromosikan prroduk-produk yang diproduksi oleh masyarakat
  • menjadikan media pengumuman desa,sehingga pengumuman terkait kegiatan desa dapat dilihat baik oleh orang-orang desa sendiri atau orang desa yang sedang merantau
  • memberikan informasi terkini terkait kegiatan atau program desa sehingga dapat memberikan informasi perkembangan pembangunan desa untuk mempermudah melakukan sinergi dengan pembangunan yang dilakukan pihak lain yang ada di desa
  • meningkatkan citra atau promosi desa ,meningkatkan citra atau promosi desa meningkatkan keunggulan desa
  • meningkatkan penyampaikan dan penyebarluasan informasi yang ada di desa.

 

3(tiga) manfaat utama website bagi desa

  1. Promosi Daerah

Melalui media website ,sebuah desa bisa memberikan informasi ,tidak hanya kepada pihak pemerintah tetapi juga kepada semua orang ,tentang kondisi desa ,baik itu kelebihan maupun kekurangan yang dimiliki oleh desa tersebut. Selain itu,melalui media website ,desa bisa mempromosikan keunikan apa saja yang dimiliki ,potensi alam maupun sumber daya manusia yang ada.misalnya saja boyek wisata yang ada di desa tersebut,keunikan budayanya ,produk-produk kerajinan masyarakat, UKM dan sebgainya. Dengan promosi semacam ini akan terbuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

  1. Publikasikan Kegiatan Desa

Masyarakat desa berhak tahu apa saja kegiatan pembangunan yang sudah dilakukan oleh pemerintah desa . kegiatan apa saja yang sudah maupun yang akan diselenggarakan oleh desa. Melalui media website, pemerintah desa bisa dengan mudah mempublikasikan kegiatan desa dan bisa diakses oleh semua masyarakat.

  1. Meningkatkan Pelayanan Pemerintah Desa

Pemerintah desa bisa memberikan informasi tentang pelayanan yang ada di desa. Melalui media website ,pemerintah desa juga bisa membuka pelayanan berbasis online.

Website desa akan memacu pemuda-pemuda desa berkreasi ,berinovasi,belajar publikasi, dan tentunya bagi desa bisa menjadi pusat informasi dan data dari desanya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan