DESA SUMBER REJO PEMETAAN

sumber rejo,sabtu (25-11-2017), telah dilaksakan kegiatan pemetaan di desa sumber rejo,pemetaan desa di lakukan oleh bapak Ian dari BP2DK yang di bantu oleh penyuluh desa dan perangkat desa , pemetaan ini di ambil mengunakan GPS untuk mengukur daerah atau objek yang sudah direncanakan dalam penataan desa,pemahaman yang diberikan adalah dengan merekam titik,garis atau wilayah.

Pembuatan peta ini melalui beberapa tahapan, diantaranya, sebagai langkah awal, mengetahui batasan wilayah sumber rejo dan posisi jalan raya, batasan dusun, dan prasarana tempat umum,batas sungai. pemetaan memegang peranan penting dalam pengembangan desa dan kawasan .selain untuk akurasi data mengenai kondisi geografis dan potensi yang ada di desa dan kawasan sekitarnya.

Pemetaan merupakan gambaran suatu wilayah ataupun keseluruhan permukaan bumi dalam bidang datar dengan skala tertentu, simbol dan batasan tertentu. Sama halnya dengan peta, denah  sama-sama menunjukkan lokasi ataupun wilayah, tetapi perbedaannya terletak pada luas wilayah yang ditunjukkan. Luas wilayah denah sangat terbatas, dan denah biasanya berfungsi  untuk memudahkan kita dalam mencari atau menemukan letak suatu bangunan atau tempat secara jelas.

fungsi peta ialah menujukan fungsi atau lokasi relative (letak suatu tempat dalam hubungan dengan tempat lain),memperlihatkan ukuran (dari peta dapat diukur luas daerah dan jarak –jarak di atas permukaan bumi),memperlihatkan bentuk (benua,Negara,provinsi,gunung,lembah dan lain-lain),mengumpulkan dan meyelksi data-data- dari suatu daerah dan menyajikan di atas peta ,melalui media symbol,tujuan pembuatan peta ialah untuk komunikasi informasi ruang ,untuk menyimpan informasi,untuk membantu perkerjaan kontruksi jalan,navigasi,perencanaan,media pembelajaran,unutk membantu dalam suatu desain ,misalnya desain tata ruang,wilayah,jalan dan lain-lain,untuk analisis data spatial,misalnya perhItungan volume,evaluasi lahan dan lain-lain

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan