PENDATAAN ULANG DAN VALIDASI CALON PESERTA PKH DESA SUMBER REJO

Validasi data penambahan calon peserta Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial tahun 2018 dilaksanakan bagi warga Desa sumber rejo pada hari selasa 21-11-2017 di  Balai Desa sumber rejo. Sebanyak  263 kk yang  terundang untuk dilakukan pencocokan data.

pengecekan berkas-berkas calon peserta PKH

Kegiatan Pendataan dan Validasi ini diikuti oleh warga desa sumber rejo dari beberapa dusun di desa sumber rejo,Acara Pendataan dan Validasi Calon Peserta PKH ini dilaksanakan oleh petugas pendamping PKH dari kecamatan waway karya . Selain melakukan pendataan ulang dan validasi, petugas pendamping juga memberikan penjelasan dan tentang Program Keluarga Harapan (PKH), Pelaksanaan validasi oleh pendamping PKH Kecamatan waway karya mulai jam 08.00 WIB sampai 22.00 WIB, dikarnakan pemdapaing harus mengikuti bimtek .

pengambilan foto calon peserta PKH

 

Validasi merupakan proses pencocokan data calon peserta PKH, belum tentu semua lolos. Syarat peserta lolos, jika memenuhi kriteria salah satu atau lebih dari unsur: ibu hamil, balita, anak sekolah SD-SMU, lansia (umur 70 tahun ke atas), Selama ini banyak warga yang mengeluhkan tidak tepatnya sasaran bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diterima oleh masyarakat. Diharapkan dengan adanya kegiatan Pendataan Ulang dan Validasi Calon Peserta PKH di Desa sumber rejo ini, warga maupun keluarga yang benar-benar berhak mendapatkan Program Keluarga Harapan (PKH) dapat mendapatkan haknya. Serta dengan diberikannya penjelasan tentang Program Keluarga Harapan (PKH) ini masyarakat lebih tau tentang apa itu PKH dan dapat memberikan dampak yang positif kepada para Penerima Bantuan.

Tujuan  dari kegiatan Validasi adalah untuk memastikan bahwa data calon peserta keluarga miskin yang diperoleh berdasarkan basis data terpadu (BDT)  memenuhi kriteria komponen PKH yaitu Eligible (memenuhi syarat sebagai penerima PKH) baik dalam komponen kesehatan, pendidikan atau kesejahteraan sosial. Proses validasi ini diharapkan mendapatkan data yang tepat dan akurat sesuai dengan data real dilapangan. Pengecekan data dilakukan oleh pendamping yang dihadirkan dalam pertemuan awal. Hasil pertemuan awal menjadi ketetapan apakah keluarga tersebut eligible atau non eligible

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan