POTENSI PERTERNAKAN

POTENSI PERTERNAKAN

Desa Sumber Rejo  Memiliki Potensi Untuk Pengembangan Sektor Peternakan Diantaranya Yang Sudah Dikembangkan Oleh Masyarakat Setempat Adalah Ternak Sapi ,Ayam, Bebek,Kambing ,Kerbau  Dan Sebagainya. Pengembangan Ternak Ini Masih Dilakukan Secara Rumahan Dan Merupakan Pekerjaan Sampingan Selain Menjadi Petani.Namun Demikian Pengembangan Ternak Ini Sangat Membantu Perekonomian Masyarakat Desa Sumber Rejo.

Beberapa warga  di wilayah tersebut,  mengungkapkan, tingginya potensi pakan ternak di wilayah tersebut terutama dari lahan pertanian berupa limbah pertanian daun singkong, jagung, daun ubi jalar, rumput serta sumber pakan alami lainnya. Beberapa warga bahkan memiliki ternak  kerbau dan sapi ,kambing  dengan jumlah minimal sepasang dan beberapa memiliki lebih dari 5 ekor. Sebagian warga memelihara berbagai jenis ternak sebagai investasi yang bisa dijual saat mereka membutuhkan uang untuk biaya anak sekolah serta keperluan mendesak lainnya.

Peternakan Yang Terdapat Di Desa Sumber Rejo Yaitu Meliputi Peternakan Sapi, Kambing, Ayam, Bebek dan Kerbau.

Sapi
Di Desa Sumber Rejo  Terdapat Peternakan Sapi Yang Dikelola Secara Pribadi ,Terdapat Dua Model Peternakan,Yaitu Penggemukan Dan Pengembangan Indukan.

Kambing
Seperti Halnya Sapi, Peternakan Kambing Juga Dikelola Secara Pribadi. Model Peternakannya Yaitu Penggemukan Dan Pengembangan Indukan.

Ayam Kampung
Peternakan Ini Dikelola Secara Pribadi, Dan Secara Umum Setiap Rumah Tangga (KK) Mempunyai Ternak Ini

Bebek
Peternakan Ini Dikelola Secara Pribadi, Dan Secara Umum Setiap Rumah Tangga (KK) Mempunyai Ternak Ini

Kerbau

Perternakan Ini Dikelola Secara Pribadi,Model Perternakan Nya Yaitu Pengemukan Dan Pengembangan Induknya.


Menurut Saya Usaha Peternakan Di Desa Sumber Rejo  Ini Meiliki Potensi Yang Baik Untuk Terus Dikembangkan. Hasil Peternakan Seperti Telur Dan Daging Juga Akan Semakin Dibutuhkan Melihat Perkembangan Dan Pertumbuhan Masyaraka Desa Ini Sendiri. Telur Bebek Menjadi Hasil Ternak Yang Paling Berpotensi Untuk Dikembangkan,

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan