PELATIHAN SISKUDES YANG DIIKUTI BENDAHARA DESA DAN SEKRETARIS DESA SUMBER REJO

PELATIHAN SISKUDES YANG DIIKUTI BENDAHARA DESA DAN SEKRETARIS DESA SUMBER REJO

Sumber rejo –  Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) memberikan pelatihan Sistem Keuangan Desa ( Siskeudes) kepada seluruh Sekretaris Desa (Sekdes) dan Bendahara Desa se-Kabupaten lampung timur, pelatihan tersebut diselenggarakan di Hotel Bandar lampung, Kamis (23/03/2017).

Dengan disahkannya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, desa diberikan kesempatan yang besar untuk mengurus tata pemerintahannya sendiri serta pelaksanaan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa. Selain itu pemerintah desa   diharapkan untuk lebih mandiri  dalam mengelola pemerintahan dan berbagai sumber daya alam   yang dimiliki, termasuk di dalamnya pengelolaan keuangan  dan  kekayaan  milik desa. Begitu   besar peran yang diterima oleh desa, tentunya disertai dengan tanggung jawab yang besar pula.   Oleh karena itu pemerintah desa harus bisa menerapkan prinsip akuntabilitas dalam tata pemerintahannya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa harus dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Dengan  aplikasi keuangan  desa ini, diharapkan pemerintah desa dapat mewujudkan tata kelola keuangan desa yang bersih, tertib, efektif dan efisian. Proses pencatatan, pengawasan dan pemeriksaan pertanggungjawaban keuangan desa juga lebih mudah diterapkan.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) adalah salah satu aplikasi yang diterapkan dalam pembuatan laporan tentang keuangan desa bertujuan memfasilitasi aparatur desa menyusun laporan keuangan desa dengan mudah, cepat dan tepat.

Dengan aplikasi Siskudes ini, pemerintah desa dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan anggaran di desa. Sebagai langkah awal sistem ini sendiri akan diterapkan kepada kabupaten lampung timur.

 

“Dengan diselenggarakannya pelatihan ini diharapkan Sekretaris Desa (Sekdes) dan juga bendahara desa kedepannya nanti dalam mengelolah keuangan desa bisa lebih efektif dan lebih transparan lagi,  nantinya setiap desa yang ada di Kabupaten lampung timur ini akan memiliki Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes), aplikasi ini digunakan dalam mengelolah seluruh keuangan yang ada desa,” katanya.

Dengan  aplikasi keuangan  desa ini, diharapkan pemerintah desa dapat mewujudkan tata kelola keuangan desa yang bersih, tertib, efektif dan efisian. Proses pencatatan, pengawasan dan pemeriksaan pertanggung jawaban keuangan desa juga lebih mudah diterapkan.

Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) adalah salah satu aplikasi yang diterapkan dalam pembuatan laporan tentang keuangan desa bertujuan memfasilitasi aparatur desa menyusun laporan keuangan desa dengan mudah, cepat dan tepat.

Dengan aplikasi Siskudes ini, pemerintah desa dapat meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penggunaan anggaran di desa. Sebagai langkah awal sistem ini sendiri akan terlebih dahulu diterapkan dikabupaten lampung timur.

Desa sumber rejo merupakan salah satu Desa yang terletak di wilayah Kabupaten lampung timur yang  merupakan salah  satu Desa yang mengikuti pelatihan SISKEUDES . dimana kegiatan ini diikuti oleh bendahara desa dan seketaris desa.

Setelah melihat dan mempelajari manfaat aplikasi SISKEUDES, Kepala Desa sumber rejo bapak KADERI menekankan kepada bendahara desa supaya belajar dan menggunakan aplikasi SISKUDES. Berbekal hasil pelatihan yang diberikan . sehingga pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat Guna dan efisien dan penyusunan anggaran Belanja Desa sesuai dengan regulasi yang ditetapkan.

 

 

 

 

 

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan